Makkah - Operasional bus sholawat dihentikan sementara waktu, mulai 11 Juni hingga 20 Juni 2024 menjelang pucak musim haji. Jemaah tampak membeludak dan berebut naik bus di Terminal Syib Amir.

Pantauan detikHikmah, pada Senin (10/6/2024) malam pukul 21.00 Waktu Arab Saudi (WAS), jemaah berbondong-bondong dan memadati Terminal Syib Amir. Hal ini terjadi seusai melaksanakan ibadah dan salat Isya di Masjidil Haram.



Jemaah tampak membeludak dan berebut naik bus di Terminal Syib Amir jelang puncak haji.

Salah seorang jemaah haji asal Ciganjur, Jakarta Selatan, Sulaiman mengatakan dirinya mengaku sengaja menunaikan umrah sunnah pada Senin malam, karena dirinya mendapat kabar jika bus shalawat berhenti beroperasi pada Selasa (11/6/2024) siang.

"Saya sengaja malam ini umrah sunnah, karena besok sudah enggak beroperasi 'kan kalau pakai taksi mahal," ujar Sulaiman di Terminal Syib Amir, Senin (10/6/2024).


Dia mengaku kagum dengan bus shalawat lantaran fasilitas bus yang membuat nyaman penumpang terutama jemaah lansia. Bahkan kata dia, bus langsung mengantarkan para jemaah hingga depan hotel atau pemondokan tempat menginap.

"Nyaman, busnya bagus-bagus langsung turun di depan hotel, makanya enggak apa-apa penuh ngantre juga karena musim haji," katanya.


Bus terlihat hilir-mudik secara bergantian mengangkut para jemaah menuju pemondokan atau hotel yang ada di sekitar Makkah. Namun menjelang tengah malam, suasana Terminal Syib Amir tak sepadat seperti bubaran salat.




Semoga Kita semua dimudahkan berziarah ke kota suci

"Beribadah Mudah dan Berkah"

PT.ISTIQLAL WISATA